Senin, 30 Januari 2023

MATERI PJOK GERAK DASAR RENANG KELAS 6 HARI Rabu 8 MARET 2023.

 Assalamualaikum...

Selamat pagi anak Sholeh  Sholihah Kelas 6 

 

MATERI KITA HARI INI 

 BAB 8 Gerak dasar renang gaya dada bebas.

Ada sekitar empat  macam macam gaya renang yang perlu dipahami ketika ingin belajar berenang, terutama :

Renang gaya bebas ,renang gaya kukpu-kupu,gaya dada, renang gaya punggung.

MATERI KITA HARI INI 

Teknik Renang Gaya Bebas dan gaya dada

Renang gaya bebas dan gaya dada merupakan salah satu dari empat jenis gaya  dalam olahraga renang.

Teknik renang gaya bebas untuk 

1. Posisi renang gaya bebas dengan posisi tubuh telungkup. Posisikan kepala Anda lurus dengan badan dengan posisi netral, artinya selama berenang dahi dan wajah harus menghadap ke bawah. Sedangkan hanya rambut dan puncak kepala berada di permukaan air.

Posisikan tubuh dalam posisi garis lurus sejajar dengan permukaan air. Jika bagian depan tubuh terlalu naik, hal ini bisa menghambat pergerakan.

Sementara itu, gerakkan tubuh berguling sedikit ke samping pada sisi lengan yang keluar dari air. Putar juga kepala sedikit hingga mulut berada di atas permukaan air untuk bernapas.renang gaya dada posisi tetap telungkup pssisi tangan lurus ke samping dankepala agak di angkat sedikit untuk mengambil napas.

2. Teknik gerakan Luruskan kedua tangan Anda dengan jarak sekitar 40 cm dari kepala. Lebarkan sedikit jari saat tangan menyentuh air dan ikuti aliran pada permukaan air dengan telapak tangan Anda. Lalu mulailah melatih ayunan tangan dalam renang gaya bebas. Dan dada.

3. Teknik gerakan Gerakan menendang dan memutar tubuh memberikan energi agar tubuh Anda dapat bergerak ke depan. Fokuslah untuk menendang dengan mengikuti gerak tubuh. Gerakan menendang yang salah justru dapat menyeret posisi tubuh dan membuat Anda cepat lelah.

4. Teknik Anda perlu menyesuaikan cara bernapas dalam renang gaya bebas dan dada dengan posisi tubuh. Saat tubuh Anda berputar, salah satu sisi wajah angkat terangkat sedikit ke permukaan air. Momen ini adalah kesempatan bagi Anda untuk menarik napas. Anda baru mengembuskan napas kembali saat wajah menghadap air.

GERAKAN  RENANG GAYA DADA DAN BEBAS.




Manfaat renang gaya bebas dan dada

Berenang selama 30 menit per hari mampu membakar kalori dan menjaga kebugaran tubuh. Berenang juga bantu menurunkan berat badan Anda.

Renang gaya bebas dan dada dapat melatih otot punggung. Bahkan beberapa riset menyebut, gaya renang ini bisa membantu pemulihan pasien saraf kejepit.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar